VISI MISI SMAN 1 TRENGGALEK
VISI
TERWUJUDNYA
SEKOLAH YANG MEMPUNYAI KEUNGGULAN SPIRITUAL, AKADEMIK DAN LIFE SKILL, BERJIWA
DEMOKRATIS, BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP
MISI
1.
Meningkatkan
penghayatan agama yang dianut, budi pekerti luhur yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan.
2. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif berfokus potensi akademik dan life
skill siswa secara optimal.
3.
Menumbuhkembangkan
cinta lingkungan hidup.
4. Meningkatkan
kedisiplinan, ketertiban dan kerajinan serta rasa aman dan nyaman terhadap
semua komponen sekolah.
5.
Meningkatkan
peran serta masyarakat dan instansi terkait rangka MBS.
6.
Meningkatkan
pemenuhan sarana dan prasarana sekolah.
7.
Menumbuhkembangkan
jiwa demokratis seluruh warga sekolah sebagai pembentuk kultur sekolah.
Kurikulum SMAN 1 Trenggalek
KURIKULUM
2013
Apa
itu Kurikulum 2013? Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK). Tujuan pengembangan kurikulum ini selain
untuk
memberi jawaban terhadap permasalahan yang melekat pada kurikulum sebelumnya,
juga untuk mendorong peserta didik atau siswa, agar mampu lebih baik dalam
melakukan observasi bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan
(merepresentasikan), apa yang diperoleh atau diketahui setelah siswa
mempelajari materi pembelajaran.
Dalam pelaksanaan, kurikulum
2013 ini pastinya terdapat beberapa permasalahan atau kendala. Berdasarkan apa
yang kami dengar
kurikulum ini cukup menyusahkan bagi para guru dan siswa.
Penilaian yang saat ini dilakukan masih kurang efektif dan menyita banyak waktu
guru dan siswa. Hal ini dikarenakan instrumen penilaian yang masih dirasa rumit
oleh guru dan siswa serta belum adanya fasilitas yang memudahkan proses ini.
Selai itu proses pendidikan dimana para siswa belajar sendiri melalui
presentasi-presentasi yang dilakukan, menyebabkan materi yang harusnya
tersampaikan dengan baik justru tidak dapat terjadi dengan baik. Akan tetapi
dengan adanya kurikulum ini mempunyai dampak yang positif yakni kurikulum
secara tidak langsung meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar
mengajar.
Cukup dulu pembahasan
mengenai kurikulum secara umum.
SMAN
1 Trenggalek, siapa yang gak kenal sama
SMAN yang satu ini. Kali ini kami ingin menyampaikan
kurikulum yang berlaku di SMAN 1 Trenggalek ini.
Kurikulum
pendidikan saat ini telah berkembang menjadi Kurikulum 2013. Sejak tahun ajaran
2013/2014 instansi pendidikan telah mengimplementasikan kurikulum ini dengan
berbagai evaluasi dari kementerian pendidikan dan kebudayaan. Ini juga berlaku
di SMAN 1 Trenggalek
SMAN 1 Trenggalek sendiri
telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2013/2014.
Pelaksanaan kurikulum 2013 ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor
179342/MPK/KR/2014, tanggal 5 Desember 2014 perihal pelaksanaan Kurikulum 2013.
Kurikulum
2013 sudah cukup lama berlangsung di SMAN 1 Trenggalek. Sekolah yang termasuk
dalam kategori sekolah favorit ini memang selalu meningkatkan kualitas
pendidikan. SMA ini selau mengadakan inovasi-inovasi baru dalam metode
pembelajaran, SMA ini juga memfasilitasi setiap Kegiatan Belajar Mengajar
dengan baik.
Dengan
berlakunya Kurikulum 2013 di SMAN 1 Trenggalek, tentunya akan menambah kualitas
para siswa. Kurikulum 2013 yang menuntut tingginya keaktifan para siswa ini
akan meningkatkan kualitas Belajar Mengajar. Sebelumnya Kegiatan Belajar
Mengajar dimana guru hanya menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan ini
pastinya akan cenderung membosankan. Siswa hanya bisa mendengarkan tanpa
menunjukkan kereaktifan selama Kegiatan Belajar Mengajar. Namun dengan adanya
Kurikulum 2013 ini para siswa kini akan lebih aktif mempelajari matreri yang
diberikan. Dengan kegiatan belajar dari, oleh dan untuk siswa ini pastinya akan
meningkatkan semangat belajar siswa. Siswa yang awalanya hanya menerima apapun
yang disampaikan oleh gurunya, kini mulai menyampaikan keluasan pemikiran
mereka. Pemikiran para siswa yang luas dan berbeda-beda ini justru nantinya
akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Akan
tetapi setiap keputusan pastilah ada buruknya, termasuk dalam pelaksanaan
Kurikulum 2013. Adanya kebebasan penyampaian pendapat oleh para siswa ini
pastinya kan menyebabkan adanya perbedaan-perbedaan sudut pandang dan
kesimpulan yang berbeda-beda. Oleh karenanya pasti akan terjadi ketidak jelasan
materi yang diterima oleh para siswa. Maka dari itu peran guru dalam Kurikulum
2013 dimana perannya sebagai penengah atau mediator dalam Kegiatan Belajar
Mengajar tentunya sangat diperlukan untuk menjelaksan dan menyampaikan ilmu
yang tepat dan berguna.
Oleh
karena itu SMAN 1 Trenggalek melaksanakan Kurikulum 2013 dengan berbagai
pertimbangan dan filter yang baik. Kerja sama yang terjalin antarea para siswa
dan guru di SMAN 1 Trenggalek ini menunjukkan berjalan lancarnya Kurikulum
2013.
0 komentar:
Posting Komentar